.
Jurusan Ipa Taufik Bukhory Abdoel Hamid Abd Rofik Ach Fauzan Ach Rusbiyanto Aminatus Zuhriyah Badi'atul Husna Dwi Wahyu Setianingshh Erna Herawati Hadi Nasution Hafiluddin Hasan Basri Hidayatullah Khoridatul Bahiyah Idayati Junaidi Abdullah Luqmanul Hakim M Bahruddin Mahrus Alie Mansyur Miftahus Surur M Muhaimin Muammarah Nikmatus Zuhro Nurhasanah Nur Masriyah Nur Ainy Nurul Imamah Nurul Qomariyah Nurul Rohim Ro'is Syafiq Saiful Anwar Sa'diyati Sayana Septi Widayati Siti Hanifah Siti Hariyani Siti Hoiriyah Siti Kotijah Syaiful Haris Jurusan IPS 1 Abd Hatib http://4.bp.blogspot.com/-Uzxfs6eYlbw/Tv1IpbyTjrI/AAAAAAAAAro/R_OXCwEvVRU/s320/aida%2Bagustin1.jpg

Tuesday, March 6, 2012

membuat file CHM

Compiled HTML Help file, sesuai namanya, dibangun dari HTML. Intinya, satu set file2 HTML yang berisi tentang apa saja, bisa dijadikan CHM. Dengan demikian bisa sangat mudah, karena file2 yang bersangkutan (html, gambar, css, dsb) bisa dipaket dengan lebih ringkas. Ringkas karena jadi satu file dan dicompress pula.

Lalu apa keuntungannya pake CHM, selain kompak? Bisa dibaca di Linux. Nama programnya xCHM (http://xchm.sourceforge.net/).
Keterangan lebih detil tentang xCHM bisa dibaca di site tsb.

Jadi prasyarat untuk membuatnya adalah bisa coding HTML. Kalo udah bisa bikin HTML, tinggal make compiler CHM, langsung jadi, deh. Tinggal masalah mutu CHMnya. Apakah cuma yg dasar atau yg advanced.


Perangkat yang diperlukan

Ibarat masak memasak, kita siapkan dulu bahan2 dan bumbu2nya. Bahan2 help file pake CHM tentu saja file2 HTML dan ikutannya yg akan kita jadikan file CHM.

Bumbu2nya adalah sbb:

* HTML Help Workshop
Untungnya yg satu ini dah disediain sama Micros**t dan GRATIS. Di dlm paket tsb, udah termasuk Image Editor sederhana yg bisa digunakan untuk mengcapture layar. Silakan download disini...

* HTML Help Workshop Documentation
Ini adalah dokumentasi lengkapnya dari Micros**t juga. Silakan download di link ini.


Silakan kunjungi site ini.

* CHM Decompiler
Kalo pengen lihat bagaimana struktur CHM dgn cara membongkarnya, silakan gunakan tools ini. Misalkan ada file CHM yg menarik, bongkar aja. Lalu pelajari. Contek tekniknya. Linknya

Silaken kumpulkan bumbu2nya biar bisa masak dgn enak...

Sekarang kita mulai acara kita. Untuk lebih enaknya ane bikin tutorial basic dgn buku elektronik Fiqhus Sunnah dari site ini . Untuk yg pake Firefox, lebih nyaman kalo di-DownThemAll!. Saya pake contoh tsb karena bisa jadi model untuk langkah2 selanjutnya (insya Allah).

* OK. Mulai dari awal. Jalankan HTML Help Workshop. Layar pertamanya adalah


Dari situ klik tombol New atau menu File > New.

* Pilih Project
Karena kita akan mulai dari awal, silakan diklik Next ajah pd saat ada pertanyaan konversi dari HLP.

* Tentukan tempat tinggal bagi file project yg akan kita bikin.



* Layar berikutnya menyuruh kita untuk memilih file yg udah kita punyai. Silakan hidupkan checkbox HTML File, lalu tekan Next

* Sekarang, kita tambahkan file HTML yg kita mau ke dlm project kita. Dari gambar ini silakan tekan tombol Add...



Anda boleh hanya menambahkan satu file saja, sebab nantinya semua link yg ada akan diikuti dan file yg sekiranya akan diakses akan dimasukkan ke dlm CHM. Kalo anda bermaksud menambahkan banyak file secara manual, silakan gunakan tombol SHIFT untuk memilih banyak file.

* Setelah meneruskan perjalanan, maka project kita akan jadi dgn layar spt berikut.



* Sekarang kita compile CHM tsb dgn menekan tombol Compile di toolbar atau menu File > Compile... Dialog berikutnya langsung tekan tombol Compile nanti akan muncul progress berikut...



* Jadi, deh file CHM dgn tampilan seperti berikut.




Rasanya setelah jadi e-book kita ada yg kurang, yah?
Kalo kita pengen nyari teks tertentu jadi susah, gimana caranya?

Tahap ini kita akan ngoprek CHM project kita lebih jauh. Tidak terlalu jauh, sih.

Pada waktu kita bikin file CHM yg pertama itu ada file HHP yg terbuat. File tsb diletakkan di folder yg sama dgn file CHMnya. Untuk contoh project Fiqhus Sunnah ini, namanya misalkan FiqhusSunnah.hhp.

Kita buka kembali file tsb. Double klik aja file tsb sehingga muncul kembali tampilan spt yg ini...




Untuk memodifikasinya, kita ganti option standardnya. Biar makin canggih, gitu. Klik aja tombol Change project option yg terletak di paling atas pada toolbar yg vertikal.

Option::General



Gambar tsb adalah dialog Option setelah dilakukan perubahan berikut.

Pada Title diisikan judul CHM yg kita bikin, misalnya Fiqh-us-Sunnah by Saayyid Saabiq. Ini berguna waktu kita buka file CHM, biar Window Titlenya gak Help doank.

Option::Files



Isian Compiled file udah terisi baik. Kalo anda pengen memindahkan hasil kompilasi CHM, isikan tempat yg anda inginkan.

Untuk menghasilkan struktur isi CHM, hidupkan checkbox Automatically create hhc when compiling. Maximum head levelnya kasih aja 2. Pada isian Contents file berikan nama yg anda kehendaki, misalnya FiqhusSunnah.hhc pada folder yg sama dgn file HHPnya.

Option::Compiler




Untuk yg ini, kita hidupkan Compile full-text search information dan Create a binary TOC....

Klik OK untuk mengakhiri dialog tsb. Kita compile lagi project kita.

Hasilnya adalah spt pada gambar berikut (dgn TOC udah di-expand).



Alhamdulillah, nambah lagi... Emang belum sempurna, sih. Lihat aja, TOCnya masih terlalu polos. Tapi lumayan, lah...
Insya Allah lain kali disambung lagi.

0 comments:

Post a Comment